BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Penelitian
Berbagai konsep dan teknik baru dalam pembelajaran telah banyak dikembangkan untuk menggantikan metode tradisional yang hanya mengandalkan pada kuliah satu arah di kelas. Pandangan baru seperti active learning dan student-centered education telah mendorong lahirnya berbagai inovasi dalam teknologi pengajaran. Salah satu inovasi tersebut adalah e-learning yang diharapkan akan semakin besar dimasa yang akan datang. Hal tersebut seiring dengan perkembangan teknologi komputer dan internet serta tuntutan globalisasi pendidikan akan keberadaan suatu sistem pendidikan jarak jauh (distance learning).
Istilah
e-Learning mengandung pengertian yang sangat luas, sehingga banyak pakar yang
menguraikan tentang definisi e-Learning dari berbagai sudut pandang. Salah satu
definisi yang cukup dapat diterima banyak pihak misalnya dari Darin E. Hartley
[Hartley, 2001] yang Menyatakan e-Learning merupakan suatu jenis belajar
mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan
menggunakan media Internet, Intranet atau media jaringan komputer lain. dalam
Glossary of e-Learning Terms [Glossary, 2001] menyatakan suatu definisi yang
lebih luas bahwa: e-Learning adalah sistem pendidikan yang menggunakan aplikasi
elektronik untuk mendukung belajar mengajar dengan media Internet, jaringan
komputer,maupun komputer standalone. Dari puluhan atau bahkan ratusan definisi
yang muncul dapat kita simpulkan bahwa sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan
teknologi informasi dalam proses belajar mengajar dapat disebut sebagai suatu
e-Learning. Keuntungan menggunakan e-Learning diantaranya adalah sebagai
berikut: Menghemat waktu proses belajar mengajar & Mengurangi biaya
perjalanan & Menghemat biaya pendidikan secara keseluruhan (infrastruktur,
peralatan, buku-buku) Menjangkau wilayah geografis yang lebih luas Melatih pembelajar lebih mandiri dalam
mendapatkan ilmu pengetahuan.
1.2 Rumusan Penelitian
Secara garis besar dapat dirangkumkan bahwa permasalahan yang di hadapi adalah sebagai berikut :
a. Bagaimana membuat proses pembelajaran dapat dilakukan tidak hanya di dalam kelas tetapi juga bisa dilakukan di mana saja melalui e-learning.
b. Bagaimana menjadikan kemajuan teknologi dan informasi menjadi pemasok ilmu pengetahuan.
1.3 Batasan Penelitian
1. Website e-learning ini hanya mencakup pembahasan mengenai modul/materi kuliah yang telah di upload oleh dosen pengajar.
2. Materi e-learning hanya diperuntukkan bagi mahasiswa / mahasiswi
3. Pembahasan tidak mencakup permasalahan keamanan yang mungkinterjadi akibat serangan dari hacker atau cracker pada web server dandatabase server yang digunakan untuk tempat penyimpanan program dan data pada sistem ini.
4. Lingkungan sistem didesain menggunakan moodle.
1.4 Tujuan Penelitian
a. Menjadikan teknologi informasi sebagai pemasok ilmu pengetahuan.
b. Menjadikan proses pembelajaran lebih mudah dan murah.
c. Menjadikan proses belajar mengajar tidak hanya terjadi di kampus tetapi juga bisa dilakukan di mana saja.
1.5 Manfaat Penelitian
1. Memanfaatkan teknologi sebagai alat pembelajaran yang bermutu.
2.Memudahkan dosen menyampaikan informasi tentang matakuliah dan materi pelajaran yang ada dikampus.
3. Menjadikan pembelajaran dan penyampaian inforamasi lebih cepat.
4. Membangun budaya belajar melalui pengembangan e-learning.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar